Stadium Generale Implementasi PIAUD Holistik Integratif dalam Merdeka Bermain

Studiun Generale

Selasa, 23 Agustus 2022, merupakan hari yang luar biasa di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pelaksanaan Studium General yang dulu sempat dilaksanakan secara daring pada masa pandemi, sekarang dapat terlaksana secara offline. Kegiatan ini merupakan hal yang sangat ditunggu karena dalam kesempatan kali ini Studium General (SG) tahun 2022 mempunyai tema yang patut untuk ditelaah bersama guna dapat mengetahui dewasa ini dalam lingkup anak usia dini. Implementasi PIAUD Holistik Instegratif Dalam Merdeka Bermain merupakan tema utama dalam kegiatan SG Tahun 2022 ini.

Menarik tema yang di usung dalam kegiatan ini karena bermain adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari anak. Bagaimana merdeka bermain itu dilaksanakan dan seperti apa mendidik anak untuk dapat menciptakan anak usia dini yang berkembang dengan baik adalah tantangan pada sekarang ini. Tidak kalah menarik dari tema diatas, narasumber yang dihadirkan yaitu beliau Dr. Sigit Purnama, M.Pd. merupakan Kaprodi PIAUD UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta berkenan hadir guna mengupas tuntas isu fenomenal ini di kampus IAIN Ponorogo khususnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Moderator yang kali ini adalah Ibu Yuli Salis Hijriani, M.Pd. selaku dosen FTIK IAIN Ponorogo memandu jalannya kegiatan.

Studium generale atau sering diterjemahkan sebagai kuliah umum. Kuliah ini, dianggap penting dilaksanakan diperguruan-perguruan tinggi sebagai penambah wawasan baru yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Stadium generale yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dari jurusan: PGMI, PAIUD, PAI, T. Bahasa Indonesia dan T. Matematika dengan tema IMPLEMENTASI PIAUD HOLISTIK INTEGRATIF DALAM MERDEKA BERMAIN dengan narasumber Dr. Sigit Purnama, M.Pd.

Terdapat tantangan yang luar biasa dalam dunia pendidikan, termasuk saat ini tentang merdeka belajar. Tantangan  pendidik adalah bagaimana menghadapi tentang perubahan besar dalam hampir semua bidang kehidupan, peran ilmu pengetahuan dan teknologi yang mulai mengambil posisi dalam dunia pendidikan, persaingan antar bangsa, serta tentang nilai-nilai moral dan agama. Sebagai calon pendidik, perlu memahami keadaan saat ini dan perubahan-perubahan yang ada di dunia pendidikan. Melalui studium generale ini diharapkan akan memberikan motivasi pada para calon pendidik dan memiliki motivasi untuk menciptakan strategi baru dalam proses pengajaran.

Mahasiswa baru berkesempatan untuk menghadiri pada kegiatan SG tahun 2022 ini, mengingat keterbatasan tempat. Selain itu juga diberikan fasilitas streaming di Channel resmi fakultas yaitu FTIK IAIN Ponorogo. Antusias yang luar biasa pada lokasi kegiatan, dan beberapa peserta berkesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada Narasumber Bapak Dr. Sigit Purnama, M.Pd.  Kegiatan ini bertempat di Graha Watoe Dhakon IAIN Ponorogo menjadi saksi untuk membuka wawasan dari bermain yang sangat luas dari dunia anak usia dini.

Sesi terakhir diisi dengan motivasi dan foto bersama yang menambah semakin akrab gempita pada kegiatan kali ini. Yang perlu digaris dari kegiatan Studium Generale (SG) Tahun ini adalah anak hendaknya diberikan kebebasan bermain yang luas guna menciptakan perkembangan anak yang lebih baik lagi. Meskipun anak dibebaskan bukan berarti tidak ada aturan, aturan tetap ada serta pendampingan menjadi penting guna memberikan motivasi kepada anak. \son