Visi

Menjadi pusat kajian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang Unggul, Memiliki Multi Intelegensi dan Berwawasan Pembelajaran abad 21

Misi

Misi Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri  Ponorogo adalah:

  1. Mewujudkan program studi yang unggul dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah;
  2. Melaksanakan layanan pendidikan dan pembelajaran yang berbasis Multi Intelegensi dan berwawasan pembelajaran Abad 21;
  3. Melaksanakan penelitian yang berkualitas dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berbasis multi Intelegensi dan berwawasan pembelajaran abad 21;
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berbasis multipel intelegensi dan berwawasan pembelajaran abad 21;
  5. Mengadakan kerjasama dengan berbagai lembaga terkait, baik lokal, nasional maupun internasional untuk pengembangann Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Tujuan

Tujuan Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri  Ponorogo adalah:

  1. Terwujudnya program studi yang unggul dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan tata kelola yang baik;
  2. Terlaksananya layanan pendidikan dan pembelajaran yang berbasis multi intelegensi dan berwawasan pembelajaran Abad 21;
  3. Terlaksananya penelitian yang berkualitas dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berbasis multi intelegensi dan berwawasan pembelajaran abad 21;
  4. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berbasis multi intelegensi dan berwawasan pembelajaran abad 21;
  5. Terwujudnya kerjasama dengan berbagai lembaga terkait, baik lokal, nasional maupun internasioanal untuk pengembangan Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Sasaran

Sasaran dari Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri  Ponorogo adalah:

  1. Mewujudkan program studi yang unggul dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan tata kelola yang baik:
  2. Terlaksananya layanan pendidikan dan pembelajaran yang berbasis multi intelegensi dan berwawasan pembelajaran abad 21
  3. Terlaksananya penelitian yang berkualitas dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berbasis multi intelegensi dan berwawasan pembelajaran abad 21
  4. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dalam biang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berbasis multi Intelegensi dan berwawasan pembelajaran abad 21
  5. jumlah pengajar bergelar Doktor saat ini adalah 13 orang dan akan meningkat menjadi 20 orang pada tahun 2021
  6. Mengadakan kerjasama dengan berbagai lembaga terkait, baik lokal, nasional maupun internasional untuk pengembangan Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Strategi Pencapaian

Sasaran Pencapaian Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri  Ponorogo adalah:

  1. 1. a) Melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran yang mendukung visi dan misi Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, b) Memberikan layanan administrasi akademik dan kemahasiswaan berbasis teknologi dan informasi, c) Memaksimalkan peran dosen Pembimbing Akademik (PA) dengan melakukan konsultasi/layanan bimbingan akademik minimal empat kali per semester, d) Meningkatkan kompetensi dosen dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berwawasan Pembelajaran Abad 21 melalui kegiatan workshop, seminar, pelatihan, e) Mereposisi struktur kurikulum yang sesuai kebutuhan dengan melibatkan steakholder baik internal maupun eksternal, f) Meningkatkan kompetensi keilmuan dosen  melalui studi lanjut S3 pada bidang pendidikan Dasar atau ilmu lain yang dapat mendukung Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  2. 1. a) Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan SOP IAIN Ponorogo yang ditetapkan dengan SOP IAIN Ponorogo yang ditetapkan dengan SK Rektor No: B-425/In.32.1/OT.01.3/SK/12/2017, b) Melaksanakan kegiatan pembimbingan akademik, lapangan, penyelesaian skripsi sesuai dengan SOP IAIN Ponorogo yang ditetapkan dengan SK Rektor No: B-425/In.32.1/OT.01.3/SK/12/2017, c) Melaksanakan kegiatan Pendidikan dan pengajaran bidang Pendidikan dan Guru Madrasah Ibtidaiyah baik offline maupun online dengan memanfaatkan ICT seperti E-learning, Google Classroom, d) Melaksanakan perkuliahan yang menekankan aspek keilmuan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berbasis multi intelegensi dengan berwawasan pembelajaran abad 21, e) Melaksanakan proses pembelajaran mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran dimana mahasiswa diwajibkan membaca ayat suci Al Quran setiap pagi hari sebelum kegiatan pembelajarana dimulai, f) Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pengembangan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) ditiap awal semester, g) Mengadakan pameran hasil prakarya mahasiswa sebagai output dari matakuliah yang mendukung peningkatan ide-ide kreatif dalam rangka menyiapkan sumber daya yang adaptif dan kreatif.
  3. 1. a) Menghasilkan dan mempublikasikan artikel ilmiah bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berbasis multi intelegensi dan berwawasan pembelajaran abad 21 oleh dosen yang dimuat dalam jurnal ilmiah lokal, nasional, internasional, baik yang terakreditasi maupun yang belum terakreditasi, b) Melakukan penelitian dosen bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berbasis multi intelegensi dan berwawasan pembelajaran abad 21 yang melibatkan mahasiswa, c) Memberikan perkuliahan yang berhubungan dengan metodologi penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah kepada mahasiswa, d) Mengadakan workshop penulisan karya tulis ilmiah dan pembekalan proposal skripsi bagi mahasiswa, e) Melaksanakan riset sebagai tugas akhir mahasiswa dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berbasis multi intelegensi berwawasan pembelajaran abad 21 pada tahun keempat, f) Mengintegrasikan hasil penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah berbasis multi intelegensi berwawasan pembelajaran abad 21 dalam pembelajaran, g) Menghasilkan dan mempublikasikan artikel ilmiah bidang Pendidikan Guru  Madrasah Ibtidaiyah berbasis multi intelegensi berwawasan pembelajaran abad 21 oleh mahasiswa yang dimuat dalam jurnal ilmiah lokal, nasional, internasional, baik yang terakreditasi maupun yang belum terakreditasi.
  4. 1.a) Mengadakan workshop/pelatihan dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berwawasan pembelajaran abad 21 dengan melibatkan guru-guru Madrasah/ sekolah binaan sekabupaten Ponorogo, b) Membentuk tim dosen dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, c) Menghasilkan dan mempublikasikan artikel pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang sesuai dengan aspek multi intelegensi yang berwawasan pembelajaran abad 21 dan dimuat dalam jurnal ilmiah lokal, nasional, internasional, baik yang terakreditasi maupun yang belum terakreditasi.
  5. 1.a) Mengadakan kerjasama dengan madrasah ibtidaiyah dan sekolah dasar di kabupaten Ponorogo dalam kegiatan magang, b) Mengadakan kerjasama dengan KKG Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar Ponorogo, c) Melakukan kerjasama dengan Institusi / lembaga lain yang diwujudkan dengan mengundang para pakar pendidikan dari berbagai instansi untuk menjadi narasumber dalam kegiatan workshop, seminar, maupun kuliah umum, d)  Melakukan studi banding ke lembaga-lembaga yang memiliki keterkaitan dengan Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah