Peninjauan Visi-Misi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan serta Prodi PGMI IAIN Ponorogo

Setiap organisasi termasuk diantaranya sebuah program studi disuatu perguruan tinggi tentu memiliki faktor yang mengarahkan pada sukses atau gagal. Mencapai sukses setiap program studi pasti mempunyai visi untuk mencapai kesuksesannya. Visi merupakan apa yang organisasi inginkan dimasa depan. Visi dapat memberikan aspirasi dan motivasi disamping memberikan panduan atau rambu-rambu dalam menyusun strategi suatu program studi. Pernyataan visi yang efektif adalah menggambarkan secara jelas arah dan tujuan yang akan dicapai oleh sebuah program studi yang ingin dikembangkan.

Visi dan misi suatu lembaga memiliki peran yang sangat penting pada pengembangan lembaga. Pentingnya peran visi dan misi suatu lembaga, Badan Akreditasi Nasional menempatkan visi dan misi pada standar paling awal atau standar 1. Pernyataan visi dan misi harus dibuat dengan jelas dan realistik dengan disertai dengan tujuan dan sasaran, serta sosialisasi dan pemahaman civitas akademika termasuk mahasiswa. Matrik penilaian borang akreditasi, sosialisasi visi dan misi dikatakan baik apabila visi, misi, tujuan dan sasaran lembaga dapat dipahami dengan baik oleh seluruh sivitas akademika dan tenaga pendidikan, apabila sebagian civitas akademika kurang memahami atau tidak memahami visi dan misi dikatakan kurang baik.

Proses pembuatan visi, misi, tujuan dan kurikulum prodi melalui serangkaian prosedur yang harus dilalui. Visi dan misi di lembaga pendidikan, baik ditingkat fakultas maupun program studi disusun saling terkait diantara dan melibatkan pemangku kepentingan (stake holder). Adapun prosesnya sebagai berikut: awal visi dan misi prodi PGMI. Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran mengacu pada dokumentasi terkait proposal awal yang ditinjau ulang untuk dilakukan berbagai perubahan-perubahan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman serta visi, misi, tujuan dan sasaran prodi PGMI yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. (doc. 08/08/2022)

Peninjauan visi, misi, tujuan, dan strategi prodi PGMI yang bertempat di Hall Hotel Kartika Abadi Madiun pada Ahad, 7 Agustus s.d Senin, 8 Agustus 2022