Visi Misi Tujuan dan Sasaran

Visi

Sebagai pusat pendidikan dan pengembangan pendidik di bidang pendidikan dasar Islam yang unggul profesional, kompetitif, memiliki integritas moral dan spiritual serta berkepribadian yang utuh pada  tahun 2021

Misi

Misi Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri  Ponorogo adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang muatan kurikulumnya mendukung kompetensi utama yakni mahir di bidang pendidikan dasar Islam berbasis sains; serta menyelenggarakan praktik pengalaman lapangan kependidikan, baik yang bersifat internal di laboratorium microteaching dan bersifat eksternal berupa praktik magang di Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar mitra.
  2. Menyelenggarakan beragam penelitian Pendidikan Dasar.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat
  4. Melakukan kerjasama dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian dengan Perguruan Tinggi Dalam dan Luar Negeri dan instansi Pemerintah.

Tujuan

Tujuan Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri  Ponorogo adalah:

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran yang muatan kurikulumnya mendukung kompetensi utama yakni mahir di bidang pendidikan dasar Islam berbasis sains; yang didukung dengan praktik pengalaman lapangan kependidikan, baik yang bersifat internal di laboratorium microteaching maupun bersifat eksternal berupa praktik magang di Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar mitra.
  2. Terselenggaranya beragam penelitian lapangan dan literer yang difokuskan pada Pendidikan Dasar Islam berbasis sains.
  3. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat sebagai pendidik Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar berbasis sains.
  4. Terlaksananya kerjasama dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian dengan Perguruan Tinggi Dalam dan Luar Negeri dan instansi Pemerintah.

Sasaran

Sasaran Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri  Ponorogo adalah:

  1. Terlaksananya kegiatan pendidikan dan pembelajaran secara unggul dan profesional dalam pengembangan pendidikan dasar Islam, baik secara teori maupun praktik yang ditandai dengan:
  2. Mempertahankan akreditasi Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (A) pada tahun 2021
  3. jumlah pengajar bersertifikasi mencapai 100% pada 2021
  4. jumlah pengajar bergelar Doktor saat ini adalah 13 orang dan akan meningkat menjadi 20 orang pada tahun 2021
  5. memiliki satu orang professor dalam bidang pendidikan dasar di tahun 2021
  6. lulusan yang mampu berkomunikasi secara global (skor TOEFL dan TOAFL minimal 450) mencapai 100%
  7. Memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam mencapai prestasi akademik dan non akademik secara maksimal.
  8. Mewujudkan penelitian mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah berupa skripsi yang berkontribusi terhadap calon pengguna lulusan.
  9. Mewujudkan penelitian dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berkontribusi terhadap calon pengguna lulusan.
  10. Mewujudkan kegiatan pengabdian masyarakat yang berkonstribusi terhadap calon pengguna lulusan.

Mengadakan kerjasama dengan berbagai lembaga terkait, baik lokal, nasional, maupun internasional untuk pengembangan Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah secara unggul dan profesional dalam pengembangan pendidikan dasar.